Jumat, 27 Maret 2009

SOAL & PEMBAHASAN SELEKSI TAHAP 1 OLIMPIADE KOMPUTER SMAN 1 METRO TAHUN 2009

SCORE PENILAIAN :
BENAR = +4
SALAH = -1
TIDAK MENJAWAB = 0

Soal dan Pembahasan Seleksi I
1. Seorang pedagang barang elektronik menjual sebuah televisi berwarna layar datar seharga Rp.3.000.000, jika tarif pajak barang elektronik yang tergolong barang mewah tersebut adalah antara 5 % sampai 8 %, maka harga yang paling mungkin untuk televisi tersebut setelah ditambah pajak adalah :
(A) Rp. 3.180.000
(B) Rp. 3.100.000
(C) Rp. 3.120.000
(D) Rp. 3.140.000
(E) Rp. 3.250.000
Pembahasan
X = Rp 3.000.000
Tarif Pajak = 5% - 8%
Harga televisi + pajak 5% = 3.150.000
6% = 3.180.000
7% = 3.210.000
8% = 3.240.000

2. Manakah yang mendeklarasikan tipe enumerasi dengan tepat?
a. Type a=integer;
b. Type a=1..300;
c. Type a=(baik, jelek, buruk);
d. Type a=[baik, jelek, buruk];
e. Type a=baik, jelek, buruk;

3. Tipe di bawah ini mana yang tidak dapat melakukan operasi aritmatika?
a. Integer
b. Byte
c. Real
d. boolean
e. word

4. Deklarasi prosedur manakah yang tidak dibenarkan?
a. procedure hapus;
b. procedure hapus(s:string);
c. procedure hapus(var s:string);
d. procedure hapus(s:string):boolean;
e. procedure hapus(var data);
Pembahasan:
Untuk penulisan prosedur, tidak diperbolehkan adanya nilai kembali. Sedangkan parameter tanpa tipe data (pada opsi e), dapat dibenarkan.

5. Tipe variabel ekspresi manakah yang tidak dapat ditampilkan dengan procedure Writeln?
a. Type T=Integer;
b. Type T=String;
c. Type C=Char;
d. Type T=(Small, Medium, Large)
e. Semua valid
Pembahasan:
Opsi d adalah tipe data enumerasi. Tipe data enumerasi tidak dapat ditampilkan dengan perintah Writeln.

6. Perhatikan program berikut :
var s:string;
begin
s:='TOKI GO GET GOLD!';
delete(s,1,length(s)-12);
writeln(s);
end.
Apa keluaran program di atas ?
a. GO GET GOLD!
b. GO GET GOLD!
c. GET GOLD!
d. TOKI GO GET
e. TOKI GO GE
Pembahasan:
Procedure delete:
Deklarasi : procedure Delete(var S: String; Index: Integer; Count:Integer);
Keterangan : procedure delete akan menghapus S sebanyak count karakter, dimulai dari posisi Index.
Function length:
Deklarasi : Function Length (S : String) : Integer;
Keterangan : Length menghasilkan panjang dari S, bernilai antara 0 sampai dengan 255.
Jika S tidak berisi apa-apa maka akan menghasilkan 0.
Statement delete(s,1,length(s)-12) akan menghapus s dari posisi 1 sebanyak panjang s, yaitu 17-12 = 5. Sehingga yang dihapus adalah karakter ‘TOKI ‘ dan s akan bernilai GO GET GOLD!

7. Perhatikan penggalan program berikut :
var i,k: integer;
begin
i:=5; k:=0;
k:=trunc(sqrt(i))+1;
writeln(k);
end.
Apa keluaran program di atas ?
a. 3
b. 2.24
c. 2
d. 0
e. program tidak dapat dijalankan
Pembahasan:
Fungsi sqrt :
Deklarasi : Function Sqrt (X : Real) : Real;
Keterangan : menghasilkan akar pangkat dua dari x, di mana x harus positif
Fungsi trunc:
Deklarasi : Function Trunc (X : Real) : Longint;
Keterangan : menghasilkan bilangan bulat dari X, akan selalu lebih kecil atau sama dengan X.
Sqrt(5) akan menghasilkan 2.23
Trunc(2.23) akan menghasilkan 2
Sehingga k:=trunc(sqrt(i))+1; akan menghasilkan 3

8. Mengacu pada program berikut :
var
A,B:string;
C:string[10];
begin
A:='TOKI MEMANG';
B:='HEBAT';
C:=A+B;
if (Pos(B)>0) then
Begin
Writeln('A');
end else
Writeln('B');
end.
Apa yang terjadi jika program di atas di jalankan...
a. Huruf ‘A’ tercetak
b. Huruf ‘B’ tercetak
c. Tidak dapat dipastikan
d. Terjadi error
e. Tidak bisa di compile
Pembahasan:
Kesalahan pertama yang akan ditemui program adalah pada function pos.
Deklarasi : Function Pos (Substr : String; S : String) : Integer;
Keterangan : function pos akan menghasilkan urutan atau posisi substr di S. Jika tidak ditemukan, maka akan menghasilkan 0.
Pada program function pos hanya terdiri dari 1 parameter saja sehingga program tidak akan dapat dijalankan.

9. Jika n dan p adalah dua bilangan bulat, dan n + p berharga ganjil, manakah dari berikut ini bil ganjil?
a. n – p + 1
b. np
c. n2 + p2 – 1
d. 3p + 5n
e. (p – n)(n – p)
Pembahasan ;
A bukan, karena (n+p) adalah ganjil maka dari n dan p salah satu ganjil dan yang lain genap. Selisih antara n dan p pasti ganjil sehingga jika ditambah 1 menjadi genap.
B bukan karena perkalian antara suatu bilangan genap dengan bilangan apapun akan menjadi genap.
C bukan karena pangkat bulat positif berapapun dari bilangan genap, tetap genap, dan ganjil tetap ganjil, kemudian ganjil ditambah genap dan dikurang ganjil menjadi genap.
D bukan karena pangkat bulat positif berapapun dari bilangan ganjil tetap bilangan ganjil, dan jumlah dua bilangan ganjil menjadi genap.
E benar, karena perkalian antara dua bilangan ganjil menghasilkan bilangan ganjil.

10. var
i,j : integer;
begin
for i :=1 to 3 do
for j :=i to 3 do
write(‘*’);
writeln;
end.
Output program di atas :
a. *
**
***

b. ***
***
***

c. ***
**
*

d. ******

11. Perhatikan potongan program berikut :
begin
writeln(round(frac(3.7)));
end.
Apa keluaran program di atas ?
a. 0
b . 1
c. 2
d. 3
e. 4
Pembahasan:
Fungsi frac (lihat pembahasan di atas)
Fungsi round
Deklarasi : Function Round (X : Real) : Longint;
Keterangan : membulatkan bilangan X, yang mungkin lebih besar atau lebih kecil dari X.
Frac(3.7) akan menghasilkan 0.7
Round(0.7) akan menghasilkan 1

12. Delegasi-delegasi dari negara W dan negara R duduk berhadap-hadapan pada meja perundingan. Masing-masing delegasi terdiri atas seorang ketua, dua atase militer dan dua wakil kamar dagang negara masing-masing. Delegasi W beranggotakan A, B, C, D, dan E. Delegasi R beranggotakan F, G, H, I, dan J. Masing-masing delegasi berada pada sisi-sisi memanjang berlainan (satu negara pada sisi yang sama dan ketua duduk di tengah delegasinya). Batasan dalam mengatur urutan duduk mereka:
· Delegasi W menempatkan A dan B di kedua ujung barisannya.
· Kuping kanan G tuli shg ia harus paling kanan dari delegasi R.
· Baik D maupun F bukan ketua.
· Para atase militer W, salah seorangnya B, didudukkan berdampingan,dan tidak ada satupun yang berseberangan dengan atase militer R
· G bukan atase militer.
· C wakil dari kamar dagang, duduk berseberangan dgn H.

Manakah yang paling mungkin mengenai F berikut?
a. Wakil kamar dagang yang duduk di sebelah I
b. Wakil kamar dagang yang duduk di sebelah H
c. Wakil kamar dagang yang duduk berseberangan dengan B
d. Atase militer yang duduk di sebelah I
e. Atase militer yang duduk di sebelah J

Pembahasan
Dibuat diagram sbb
x1–x2–x3–x4–x5 negara W
y1–y2–y3–y4–y5 negara R
Dari (1) kemungkinan {x1,x5} adalah {A,B} atau {B,A}
Dari (2) maka y5=G yang karena pernyataan (4) dan (5) (G bukan a.m dan B adalah a.m) menyebabkan x5=B, sehingga (atase militer dengan bold)
A –x2–x3–x4– B
y1–y2–y3–y4–G
Dari pernyataan (6) dan (4) diperoleh C = x2 dan y2 = H, sehingga
A –C –x3–x4– B
y1–H –y3–y4–G
Dari pernyataan (3) dan diagram di atas D = x4 dan F = y1 atau y4
A –C –E –D –B
y1–H –y3–y4– G
Jadi tinggal 2 kemungkinan F=y1 (atase militer), atau F=y4 (wakil kamar dagang).
Jika atase militer maka (D) dan (E) salah karena sebelah y1 adalah H.
Jika wakil kamar dagang maka (B) salah karena H atase militer dan (C) salah karena B ada di depan G.
Jadi tinggal pilihan (A) yang paling mungkin.
(Note: ini bukan satu-satunya kemungkinan.Kemungkinan lainnya masih ada tapi tidak ada di kelima pilihan itu).

13. Berapakah jangkauan tipe data Word?
a. 0…255
b. 0…65536
c. 0…65535
d. -32768…32767
e. Salah semua

14. Tipe data manakah yang dapat memuat bilangan pecahan?
a. Byte
b. Integer c. Boolean
d. Real
e. LongInt

15. Dalam potongan program berikut,
var Z1, Z2, Z3, Z4: set of Byte;
begin
Z1 := [1, 2, 6, 8, 9];
Z2 := [3, 6, 8, 12, 14];
Z3 := Z1 + Z2;
Z4 := Z1 * Z2;
end.
Berapakah nilai akhir Z3 dan Z4?
a. Z3 = [6, 7, 8]
Z4 = [1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14]
b. Z3 = [6, 8]
Z4 = [1, 2, 3, 6, 8, 9, 12, 14]
c. Z3 = [1, 2, 3, 6, 6, 8, 8, 9, 12, 14]
Z4 = [6, 6, 8, 8]
d. Z3 = [1, 2, 3, 6, 8, 9, 12, 14]
Z4 = [6, 8]
e. Salah semua

Soal di bawah ini untuk no. 16 s.d 18
6 orang pengusaha P – Q – R – S – T & U mengadakan rapat tertutup. Dgn formasi kursi diatur berjarak sama satu sama lain mengelilingi meja, sedemikian sehingga setiap kursi di seberangnya:
- P tidak boleh ditempatkan di samping Q
- R tidak boleh ditempatkan di samping S
- T harus ditempatkan di samping S
16. Jika R duduk di seberang Q, ada berapa kombinasi urutan keempat pengusaha lainnya dapat didudukan
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1

Pembahasan
Urutan 1 : R,P,U,Q,T,S
Urutan 2 : P,U,Q,T,S,R

17. Jika P duduk di seberang T, siapa yg duduk di seberang S?
a. P
b. Q
c. S
d. T
e. U
Pembahasan
Urutan 1 : P, U,R,T,S,Q

18. Jika P duduk di seberang Q, siapa yang dapat ditempatkan di seberang T, jika I.S II.R III. U?
a. Hanya II
b. Hanya III d. I, II dan III
c. Hanya I dan II
d. Hanya II dan III
e. I, II dan III

Pembahasan
Urutan 1 : P,T,S,Q,R,U
Urutan 2 : T,S,Q,R,U,P
Urutan 3 : S,Q,R,U,P,T
Urutan 4 : Q,R,U,P,T,S

19. Deklarasi manakah yang benar?
a. type Anggota = record
Nama: String[40];
NomorAnggota: Word;
End;
b. type Anggota: record
Nama = String;
NomorAnggota = Word;
End;
c. type Anggota := record
Nama := String[20];
NomorAnggota := Word;
End;
d. Type Anggota = record
Nama: String[];
NomorAnggota: Word;
end;
e. Semua deklarasi di atas salah

20. Tipe data mana yang sanggup memuat numerik hingga 75000?
a. Word
b. Integer
c. Real
d. Longint
e. String

21. Seorang manajer perusahaan kecil sedang mengatur Jadwal kerja para pegawainya. Setiap hari kerja (Senin s.d Jumat, lima hari kerja seminggu) diperlukan paling sedikit tiga orang pegawai. Karena perusahaan ini masih kecil, jumlah pegawainya hanya ada lima orang yang bekerja secara paruh waktu (part time, artinya tidak masuk setiap hari lima hari seminggu), Ali hanya bisa masuk kerja pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Baiquini tidak bisa masuk kerja pada hari Rabu. Chali hanya bisa masuk kerja pada hari Selasa dan Rabu. Dita tidak bisa masuk kerja pada hari Jumat. Eko bisa masuk kerja kapan saja kecuali setiap hari Senin pertama dan setiap hari Kamis pertama dalam setiap bulan. Siapa saja yang selalu dapat masuk kerja pada hari Senin ?
a. Dita, Baiquini, dan Ali
b. Ali, Eko, dan Chali
c. Baiquini, Eko, dan Chali
d. Eko, Chali, dan Dita
e. Baiquini, Chali, dan Dita

Pembahasan
Ali : Senin,Rabu,Jumat
Baiquini : Senin,Selasa,Kamis,Jumat
Chali : Selasa, Rabu
Dita : Senin,Selasa,Rabu,Kamis,
Eko : Selasa, Rabu, Jumat

22. Siapa saja yang selalu dapat masuk kerja pada hari Jumat?
a. Ali, Baiquini, dan Dita.
b. Ali, Chali, dan Dita.
c. Baiquini, Chali, dan Eko.
d. Chali, Baiquini, dan Ali.
e. Ali, Baiquni, dan Eko.

23. Pada hari apa kemungkinan sang manajer menghadapi kesulitan untuk mendapatkan minimum tiga orang pegawai ?
a. Senin
b. Selasa
c. Rabu
d. Kamis
e. Jumat

Pembahasan
Senin = 3 pegawai pasti
Selasa & Rabu = 4 pegawai siap
Kamis = 2 pegawai (Eko tidak dapat hadir senin dan minggu pertama)
Jumat = 3 pegawai pasti

24. Pada hari apa sang manajer harus (tidak ada pilihan lain) untuk meminta Eko masuk kerja ?
a. Senin
b. Selasa
c. Rabu
d. Kamis
e. Jumat

58 komentar:

  1. wah.... maren aku salah berapa yach bunda.... maren ada yang gak diisi juga lho bunda,,, banyak age... T_T

    BalasHapus
  2. permisi saya akan ikut olimpiade komputer tingkat kabupaten kalo bunda punya contoh soal saya minta dong please (^_^)ini alamat mail saya Maz_w4hyu@yahoo.co.id terimakasih banyak

    BalasHapus
  3. maaf bu, untuk bunyi soal no. 4 mungkin salah tulis kali ya? di soal yang anda tulis bunyinya: "Deklarasi prosedur manakah yang dibenarkan?", mungkin yang benar adalah "Deklarasi prosedur manakah yang TIDAK dibenarkan?"

    Salam
    Rosihan Ari

    BalasHapus
  4. assalamualaikum

    wah dipanggilnya bunda ya??
    salam knal ya
    saya bntar lagi mo ikutan olmpade komputer n bank soalnya masih kurang ni bun..
    bisa minta bank soalnya ga????
    trus klo bisa sama pembahasannya juga dooonk..
    nah ini alamt mail saya: ilham_hzn23@yahoo.co.id

    makasih n assalam

    BalasHapus
  5. Selamat siang... Bunda, aku mau soal olimpiade komputer tingkat kabupaten boleh? tolong kirim ke Furukara_kyu_furuki@yahoo.co.id

    terimakasih

    BalasHapus
  6. assalamu'aikum..
    bunda,boleh minta soal-soal olimpiade tik g'? sekalian minta pembahasannya juga doonk!
    tolong kirim ke a_habibi@ymail.com

    BalasHapus
  7. Salam dari saya di Palembang, Kapan Biasa Ketemu Lagi.
    Semoga makin sukses ngurusi olimpiade komputer. Mampir-mampir juga ya

    BalasHapus
  8. Ass,,
    Bunda,, boleh ga sy mnt s0al olimpiade komputer Kab Kirimkn ke
    ranzxxx_last@rocketmail.com
    mkasih. . .

    BalasHapus
  9. Terima kasih banyak pak, Saya salah satu peserta olimpiade tingkat kabupaten dari sekolhku tetapi saya merasa hal itu percuma karena kami tidak pernah mampelajari pseudopascal bahkan mendengarnya kataitupun tidak pernah

    BalasHapus
  10. wah bagus nih buat latihan saya.. thanks a lot for your lerning. hhahahha.... back link ya

    http://dimas-zone.blogspot.com

    BalasHapus
  11. blog yg bagus...
    da soal olimpiade komputer sma tingkat kabupaten gak ??
    klaw da tlong kirim sy ke e-mail sy di dillyhandy@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. aku ikut olimpiade komputer tingkat kabupaten..

    puNya contoh soal yg bru g..
    ToLong kirim k' e-mail in
    ayangkuayang@ymail.com
    mohon bantuan y...

    BalasHapus
  13. saya ikut tingkan kabupaten,, jika ada soal komputer untuk tahun ini tolong dikirim ke (edoridho22@yahoo.com)sebelum hari selasa tgl 20 april ya kalau bisa... karna hari selasa sudah lomba..

    BalasHapus
  14. Iman (Ucuceng)21 April 2010 18.13

    Om..... Tlng dong, sy minta kisi-kisi soal Olimpiade, and do'a in ya supaya sy berhasil,.........Amin,..

    BalasHapus
  15. di panggilnya bunda ya !
    Bun, saya sangat tertarik pada soal-soal olimpiade komputer, bisa menguji analisa dan ketelitian saya.
    Saya harap bunda bisa mengirimkan soal-soal olimpiade komputer beserta pembahasan dari bunda ke alamat email saya neca_yutami@yahoo.com
    Ditunggu ya bun...

    BalasHapus
  16. bun, kirimin bank soal olimpiade komputer dong, kirimnya ke nicolaslumbanraja@yahoo.com
    thnx y bun

    BalasHapus
  17. Bun, saya minta soal olimpiade komputer dong, tolong kirim ke Hitake_jrs94@yahoo.co.id , jangan lupa bun follow balik www.gubugteknologi.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Yahowu (salam...)
    Bunda, boleh nggak minta bantuan bunda soal-soal serta pembahasan olimpiade komputer tingkat SMA? tolong kirim ke omegarin@yahoo.co.id

    terima kasih atas bantuan bunda.
    Omri Gea (Nias Sumut)

    BalasHapus
  19. Bunda, tolong kirimi saya soal-soal & penjelasannya Olimpiade komputer tingkat SMA? ini e-mail saya riotangkudung@yahoo.co.id
    Mohon Bantuannya Bunda
    By Rio (Manado Sulut)

    BalasHapus
  20. Bunda salam kenal yahhh... :)
    Boleh minta bank soal olimpiade TIK tingkat SMA?...klo boleh tolong dikirim ke emailku : diani2rahayu@yahoo.com

    sebelumnya terima kasih banyak yaaaa....

    BalasHapus
  21. mintol banget donk!!!!!!!
    kirimin BANK soal olimpiade TIK SMA tingkat kabupaten yah!!!!

    kirim ke alamat neh
    email: Rey.renhard@yahoo.com
    kalau boleh cepet donk yah!!!! Plissssssss..........
    tx before

    BalasHapus
  22. terima kasih ,,
    Sangat membantu ^^

    BalasHapus
  23. assalamu'alaikum..
    permisi, bunda bleh mnta dkirimi soal kbupaten gk?
    klo bleh tlg dkrim k email sya ya
    dewikristina29@gmail.com
    trimaksih
    wassalam

    BalasHapus
  24. aas,kirim soal ke email maulanaikhsan62@yahoo.co.id dund bunda..cz lg mw ikut olimpiade neh.

    BalasHapus
  25. kirim soal2 nya donk. ke erick.success3@gmail.com. minta yg tahap ke 2 donk..

    BalasHapus
  26. SLam kenal bunda :D
    hehehe
    Boleh minta bank soal olimpiade TIK tingkat SMA? aku lgi butuh soalsoalnya ...klo boleh tolong dikirim ke emailku ya: faruqfaruq94@yahoo.co.id

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum bunda, saya mau ikut Olyimpiade , tapi saya belum terlalu paham akan soal" yg akan di ujikan , minta soal" Olyimpiade TIK Tingkat SMA dong bunda sama pembahasannya ya bunda biar aku ga binggung , kirimin ke e-mail aku ya bunda ... ini e-mail nya :asuboyo@rocketmail.com
    secepatnya ya bunda di kirim soal nya , masalah nya Olyimpiade nya sebentar lagi , di tunggu ya bundaaa , makasih bunda

    BalasHapus
  28. bunda slam kenal nie gua Fernando..
    soal olimpiade Komputer yg lain tidak ada lagi?

    BalasHapus
  29. makasih banget ya!
    saya juga siswa yg di suruh ikut olimpiade TIK tpi g prnah d ajari tentang pascal.

    BalasHapus
  30. minta tolong dong !
    q lagi butuh bnget nih soal olimpiade tik tingkat sma tpi dah ku cari cari kok ssah kali dpt nya .
    tolong dong krim ke e-maiL ku suryariky88@yahoo.co.id
    tolong ya secepat nya

    BalasHapus
  31. Bun, aq' bleh minta soal".a gag?
    klaw bisa, tlong krimkan ke email nie yah! asriana_cliquers@yahoo.com

    BalasHapus
  32. camacho bole minta soal nya ga bun?

    BalasHapus
  33. hello im from pilipin

    BalasHapus
  34. bun ...saya mau mengikuti olimpiade komputer tingkat sma.
    aku butuh soal itu. kalo boleh tolong kirim ke email ku; a.rahman1665@yahoo.com

    BalasHapus
  35. saya juga perlu bantuan bisa kirimin gak ke zhakie_ahmad@yahoo.co.id

    BalasHapus
  36. permisi. assalamualaikum sebelumnya.
    Saya Siswi dari SMA Negeri 7 Yogyakarta.
    Saya ingin menanyakan, soal buat OSK Nasional.
    Apakah ada, :D.
    salam kenal dari Jogja bu,
    dari fatmawati Mustofa

    BalasHapus
  37. Saya ingin menanyakan pembahasan soal OSK Provinsi ada apa tidak????

    BalasHapus
  38. trimakasih ya
    oh ya punya materi untuk olimpiade

    BalasHapus
  39. Tante bisa tolong kirimin dasar-dasar yang harus dikuasai dalam lomba olimpiade Komputer??? Kirim ke e-mail : cas_personal@yahoo.com ya... :)

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum.

    hm, sy salah satu calon tim olimpiade komputer tingkat kabupaten. tp, masih sangat kekurangan bank soal. kalo bisa saya juga minta soal dan pembahasan untuk olimpiade komputer yang terbaru. ini email saya sinarmustika96@yahoo.com

    BalasHapus
  41. bunda, plz, saya salah satu yang ikut dlm olimpiade tk kabupaken, tpi bnyk x yang saya gak bisa jdi tlong dong kirimkan soal plus pembahasan ttg soal olimpiade tk kabupaten, tolong bunda.

    BalasHapus
  42. owh iya, g lpa tulis, tolong kirimkan soalnya plus pembahasannya ke email g ya, frans.da.fang@gmail.com

    BalasHapus
  43. bunda, bagi so'al olimpiade sama pembahasannny donk...
    kirim ke e-mail arigitar@rocketmail.com ya...
    trimakasih

    BalasHapus
  44. bunda, saya juga minta donk soal olimpiade dan pembahasannya??
    saya butuh skali nih :)
    makasih bunda,
    kirim ke riadwiafriana@ymail.com ya ? ;)

    BalasHapus
  45. bunda yah panggilannya...
    salam kenal
    bentar lg aku mw ikut olimpiade tik... kalu ada contoh soal, mohon aku minta yah..
    johnkillers99@gmail.com

    BalasHapus
  46. mksh buat pembahasannya. http://zafifass.blogspot.com

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum bundaaa, aku mau dong bunn contoh soal dan pembahasan osn komputer. tolongin aku donggg bun kirim ya bun ke email ku: juliazminkl01@gmail.com soalnya aku mau osn di sman70 besok bunn
    terimakasih bun :)

    BalasHapus
  48. bagus !!!!! sangat membantu untuk siswa-siswa yang ingin mengikuti OSN TIK.......

    BalasHapus
  49. All: Semoga tetap memberi manfaat

    BalasHapus
  50. thanks ya..
    krna ini ak bisa mngerjkan tugas.

    BalasHapus
  51. sepertinya pembahasan banyak yg salah ya, mohon dibenahi lagi.. agar tidak trus menerus salahnya. ex. no. 9, 16, 17

    BalasHapus
  52. Bunda terimaka kasih atas postingnya, boleh saya pakai untuk latihan siswa saya ya bun.

    BalasHapus
  53. makasih atas postingannya... jd saya bsa tw apa2 saja yg dibahas :)

    BalasHapus

Masukkan Komentar Anda

Loading...